Morning Rush 30 November 2020
View PDF
30 Nov 2020

Global Market Closing Review

Bursa Eropa dan Amerika ditutup positif pada perdagangan akhir pekan lalu, dengan bursa Prancis dan Jerman ditutup di level tertinggi sejak Februari serta indeks S&P dan Nasdaq mencetak rekor penutupan tertinggi sejak awal tahun. Sektor retailer memimpin kenaikan indeks Dow menyambut discount tahunan terbesar ( Black Friday) yang pada akhir pekan mencatat rekor penjualan online tertinggi sepanjang masa. Rekor penjualan online disinyalir akan berlanjut dalam discount online tahunan ( Cyber Monday) yang diselenggarakan pada Senin waktu setempat. 


Asia Market OpeningAsia Market Opening

Sebagian bursa Asia dibuka positif namun bergerak ke teritori negatif, dengan salah satu sentimen rilis data makro pagi ini, yaitu penjualan eceran Jepang selama Oktober tumbuh 6.4% dibanding bulan sebelumnya yang mengalami penurunan hingga 8.7% secara tahunan (YoY). Selain itu data manufaktur China periode Oktober tercatat diatas estimasi dan lebih baik dari periode sebelumnya.


Domestic News

Presiden Joko Widodo menetapkan tambahan hari libur nasional pada Rabu, 9 Desember 2020 dalam rangka pemilihan pemimpin daerah serentak di Indonesia. Adapun sebelumnya pemerintah menghimbau peninjauan kembali oleh kementerian terkait, mengenai jumlah hari libur nasional dan cuti bersama pada akhir tahun, untuk menghindari angka penyebaran Covid-19 yang cenderung mengalami peningkatan pasca libur panjang.


Emiten

IRRA - pada 27 November 2020, perusahaan menandatangani kontrak Sales and Purchase Agreement (SPA) sebanyak 111 juta jarum suntik Auto Dissable Syringe (ADS) dari pemerintah. Sebelumnya di kuartal III 2020, pemerintah sudah melakukan order sebanyak 35 juta pieces alat suntik ADS 0,5 ml dan 0,05 ml untuk program vaksin imunisasi. Adapun di pasar ADS IRRA memiliki market share mencapai 70%.

PWON - dikabarkan mengakuisisi dua mall milik PT Delta Merlin Dunia Properti, yakni Hartono Lifestyle Mall Jogja di Yogyakarta dan Hartono Lifestyle Mall Solo. Dengan akuisisi ini maka pendapatan berulang (recurring income) perusahaan disinyalir akan mengalami peningkatan.

WIKA - PT Ceria Metalindo Indotama (CMI) menandatangani kontrak kerja sama dengan WIKA dengan estimasi nilai kontrak sebesar US$1.1 miliar, untuk pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) nickel laterite hydrometallurgy dan power plant di Wolo - Kolaka, Sulawesi Tenggara. Estimasi pengerjaan proyek selama 36 bulan kalender dari ditandantanganinya perjanjian pada Jumat 27 November 2020. 



PT Mandiri Sekuritas 

Menara Mandiri 1 Lt. 24 - 25, Jl. Jend. Sudirman Kav. 54 - 55, Jakarta 12190,

Indonesia Tel. (62-21) 526 3445 Fax. (62-21) 526 3521

www.most.co.id